.. DEWASA BERKAT PENGALAMAN ..


.. akhir thn 70'an .. Banyak gelaran balap VW, Honda Civic, Toyota Corolla, Holden, dll .. - Namun sejak itu, scr berangsur lomba2 tsb tidak pernah terlihat lagi dan hal ini membuahkan tanda-tanya bagi saya. Saya lantas mencari jawabannya .. Saya bergabung dgn komunitas PPMKI dan Djadolers. Akhirnya, saya menyimpulkan bbrp jawaban senada, sbb:

1).Karena mobil tsb jelas sudah tidak diproduksi lagi (sama halnya dengan Vespa tua kita), maka mereka berusaha untuk merawatnya, agar lestari. Perubahan kendaraan sedemikian rupa &/ kecelakaan di sirkuit hanya akan mempercepat kepunahan populasi kendaraan2 tsb.

2).Para pemilik mobil2 tua tsb tidak mau dinilai, bahwa mereka adalah kelompok orang2 terobsesi... Ingin memiliki sebuah mobil balap, namun karena tidak punya uang, maka memaksakan diri merubah mobil2 tuanya menjadi sebuah mobil balap.

3).Akhirnya diakui, bahwa para insinyur yg mendesign mobil tsb benar2 memiliki citra-rasa tinggi & berhasil menciptakan kemampuan mesin yg nyaman dikendarai di segala medan.
Terbukti: Penampilan & mesin standard yg dipertahankan justru membuat harga mobil tua tsb melambung menyamai harga sebuah mobil baru!

Dari tulisan di atas, tentu teman2 tahu kemana arah pembicaraan ini. Sayapun mudah menebak2 komentar2 apa yg akan disampaikan ..
- Kita, ya kita..
- Walaupun kita berbeda, namun kita tetap bersaudara..
- Apapun alirannya, yg penting kita tetap kompak & saling menghargai..
- Dll.

Saya tidak meloncat dan melakukan 'smash' kpd siapapun, sehingga tidak perlu ada yg langsung memberikan komentar/reaksi yg bersifat skeptis.

Sebuah komunitas otomotif jelas diisi oleh orang2 yg benar2 dewasa (karena memiliki SIM), sehingga kita harus menunjukan sisi kedewasaan tsb, kpd sesama hobby (baik sesama Scooterist maupun saudara2 kita di komunitas otomotif lainnya) maupun kepada masyarakat luas.

Pelajaran berharga yg scr tidak langsung diberikan oleh saudara2 kita dari PPMKI & Djadoelers tsb sangat penting untuk dievaluasi dgn sikap arif & bijaksana selayaknya seorang yg memiliki kedewasaan.

Baik/buruknya citra sebuah komunitas didongrak oleh sikap dan pola-pikir anggotanya, bukan harga kendaraannya.
-------------------------------
Adrian Aristo

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites