PIJAKAN JAWA


Komunitas Vespa ada di lebih 200 negara di planet ini. Suatu prestasi dalam dunia kendaraan roda-2 yang hanya bisa ditandingi oleh legenda Harley Davidson.

Indonesia diakui memiliki populasi Vespa terbanyak di dunia! Tentu prestasi ini layak dibanggakan, sekalipun sebenarnya masih relatif cukup banyak masyarakat Indonesia yang merasa 'antipati' dengan Vespa.

Sayangnya, para Scooterist internasional tidak mudah menebak asal negara dari gambar/foto Vespa yang dilihatnya, mereka harus melihat dahulu Nomer Polisi Vespa tersebut. Kondisi ini disadari oleh komunitas Vespa di beberapa negara dengan memasang ciri khusus pada Vespanya, seperti:

- Inggris: Memasang logo MOD di Vespanya.
- Italy: memasang Bedge Santo Christopher sang pelindung perjalanan di wings.
- Malaysia: memasang Bagasi-tambahan di tempat dudukan ban-cadangan dan atau mengganti Silencer berukuran panjang.

"Pijakan Jawa" adalah asli buatan orang Indonesia dan cukup banyak Scooterist luar-negeri yang mengenalnya. Saat saya ke Singgapura, sebuah pemilik toko penjual aksesories Vespa menanyakan tentang 'Pijakan Jawa', karena adanya pesanan dari pecinta Vespa asal Malaysia dan Philipina.

Acchh .... seandainya mayoritas Scooterist Indonesia mau membanggakan kreasi Eyang Kakung kita sekitar tahun 1960'an tersebut dengan memasang "PIJAKAN JAWA" (baik lawasan maupun retro'an) di Vespa kesayangannya ..

Jangan sampai nantinya 'Kreasi' bangsa kita ini dicap oleh negara lain, dan bila hal ini terjadi, tentunya kita tidak bisa apa2, karena pemerintah tidak akan mengurusi hal sepele semacam ini..
------------------------
Adrian Aristo

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites